Mengobati Demam Berdarah Dengan Mudah

brm

Admin

BRM

Jum'at, 22 Februari 2019 16:13:02

Banyaknyak kabar yang beredar di masyarakat jika demam berdarah diberi jus jambu atau angkak. Tapi sebenarnya tidak ada obat untuk demam berdarah, tetapi hanya mengandalkan banyak cairan.


Pertolongan pertama untuk perdarahan adalah untuk menyediakan cairan, seperti jus jambu, madu atau angkak yang paling penting memberikan cairan ke dalam tubuh. Kemudian memantau pada hari ketiga dan kelima adalah periode kritis.

Hal ini disebabkan kebocoran demam berdarah di pembuluh darah yang harus diberikan banyak air untuk menggantikan cairan yang trombosit tidak turun. Namun pemberian cairan tidak harus dipaksa seperti kursus keras.

Di hari kelima trombosit akan naik sendiri jika hanya minum air, karena tubuh dapat memperbaiki diri sehingga tingkat jumlah trombosit meningkat. Tetapi jika virus ganas dapat bocor buruk dan harus diperlakukan.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk pertolongan pertama terhadap penderita demam berdarah yaitu :

  • Memberikan minum sebanyak mungkin.
  • Kompres agar panasnya turun.
  • Memberikan obat penurun panas.
  • Jika dalam waktu 3 hari demam tidak turun atau malah naik segera bawa ke rumah sakit atau puskesmas.

Jika tidak bisa minum atau muntah terus menerus, kondiai bertambah parah, kesadaran menurun atau hilang maka harus dirawat di rumah sakit. Untuk dapat membantu memulihkan cairan dalam tubuh dan energi maka dapat diberikan madu anak dan minuman yang meningkatkan trombosit.

Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti. Penderita biasanya mengalami panas tanpa sebab yang jelas dan disertai tanda-tanda pendarahan sekurang-kurangnya kadar trombosit kurang dari 100.000/mm3.

Reply


Silahkan login terlebih dahulu