Penyebab, Gejala dan Pengobatan Alami Infeksi Kandung Kemih

herbal3

Pengguna

herbal 3

Selasa, 13 November 2018 14:57:26

Pengertian Infeksi Kandung Kemih

Syifa Herbal Alami - Apakah Anda mengetahui apa itu infeksi kandung kemih? jika Anda sudah mengetahuinya apa Anda telah memahami betul? perlu Anda ketahui bahwa urinary tract infection atau yang biasa dikenal sebagai infeksi kandung kemih merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang hidup dan berkembang di dalam saluran pembuangan urin atau saluran kencing. Infeksi ini dapat terjadi pada pria maupun wanita, namun wanita akan lebih rentan terkena infeksi ini, sedangkan pada pria cenderung lebih tidak berisiko atau kebal.


National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK) memberikan pernyataan bahwa bakteri yang menyebabkan terjadinya infeksi pada saluran kencing adalaah Escherichia Coli (E. Coli), yang biasanya bersemayam di dalam usus besar. Klamidia dan mycoplasma juga dapat menyebabkan infeksi pada saluran kencing, tetapi ada perbedaannya yaitu, apabila bakteri E. Coli ditemukan pada usus besar, klamidia diakibatkan oleh penyakit menular hubungan seksual.

Penyebab Terjadinya Infeksi Saluran Kandung Kemih

Berikut ini adalah beberapa pemicu yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi saluran kecing, yaitu:

  • Terjadi penghambatan pada saluran kencing yaitu adanya penghalang yang menyumbat saluran kencing, semisal batu ginjal.
  • Mengalami kesulitan pada saat mengeluarkan urin secara keseluruhan yang berada di dalam kandung kemih.
  • Sedang dalam penggunaan alat kontrasepsi sejenis diafragma atau kondom.
  • Sistem imunitas atau kekebalan tubuh yang melemah yang disebabkan oleh suatu penyakit atau sedang menjalani kemoterapi.
  • Pada pria, dapat juga disebabkan oleh terjadinya pembengkakan atau pembesaran kelenjar prostat.

Gejala Infeksi Saluran Kandung Kemih

Sama halnya seperti penyakit lain, infeksi saluran kencing juga memiliki beberapa gejala sebagai indikasi terjadinya infeksi tersebut. Berikut ini gejala infeksi yang perlu Anda ketahui:

  • Urin yang dikeluarkan berwarna sangat keruh atau bahkan bercampur dengan darah.
  • Keluar bau yang tidak sedap dari urin tersebut.
  • Lebih sering buang air kecil dari biasanya terutama pada malam hari dan dini hari.
  • Mengalami kram atau spasme pada perut bagian bawah (daerah pubis).
  • Terjadi demam tinggi hingga mencapai 38°C.
  • Adanya perasaan yang gelisah dan kebingungan.

Pengobatan Infeksi Saluran Kandung Kemih Secara Alami

Selain pengobatan dengan cara medis, ada beberapa pengobatan infeksi saluran kandung kemih dengan cara alami yang dapat Anda coba, seperti:

1. Sering Minum Air Putih

Dengan meminum air putih secara teratur setiap harinya maka akan dapat menjadi langkah awal untuk mengobati infeksi saluran kencing. Atau Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda terkait berapa liter atau gelas air putih yang harus dikonsumsi oleh Anda setiap harinya.


Faktanya, delapan hingga sepuluh gelas per hari akan dapat membantu menghilangkan bakteri bersamaan dengan keluarnya urin. Apabila Anda mempunyai riwayat penyakit seperti batu ginjal, ada baiknya dibicarakan terlebih dahulu bersama dokter Anda terkait berapa gelas per hari untuk Anda konsumsi.


Apabila Anda telah terkena infeksi saluran kencing, sebaiknya Anda mengurangi minuman yang berwarna dan mengandung banyak kafein seperti kopi, teh atau soda. Sebab kafein membuat infeksi menjadi semakin parah. Tak hanya kafein, Anda juga harus segera menghindari minuman yang mengandung alkohol, minuman manis, jus jeruk, jeruk nipis serta anggur.

2. Jangan Lagi Menahan Buang Air Kecil

Anda diharuskan sebisa mungkin untuk membuang air kecil jika sudah terasa. Jangan pernah menahan atau menunda membuang air kecil, sebab dengan Anda menahan buang air kecil akan dapat menyebabkan bakteri semakin berkembang di dalam kandung kemih Anda. Tak hanya itu, yang penting Anda perhatikan yaitu Anda harus membuang air kecil setelah melakukan hubungan seksual dengan pasangan Anda, hal tersebut dilakukan bukan tanpa adanya alasan tetapi untuk mengurangi risiko bakteri yang masuk lebih dalam ke saluran kencing.

3. Konsumsi Vitamin C

Memang Anda diminta untuk tidak meminum apapun yang mengandung jeruk. tetapi Anda dapat mendapatkan vitamin C pada buah-buahan lainnya yang berwarna hijau atau Anda dapat mengonsumsi tomat, buah yang sangat mudah ditemukan. Pada saat Anda mengonsumsi vitamin C, ini akan membuat urin Anda asam dan hal ini baik untuk mengurangi bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kecing.

4. Lakukan Pengompresan Panas

Bantal kompresan panas bisa Anda temukan di toko-toko yang menjual berbagai macam alat kesehatan. Menurut seorang dokter yang bernama Dr. Rivers yang dikutip dalam situs Everyday Health, dengan menggunakan bantal panas maka akan dapat meringankan rasa perih atau sakit pada area kandung kemih. Cara menggunakannya yaitu dengan tidak mengaplikasikan langsung pada kulit Anda, tetapi gunakan kain sebagai pemisah. Dan penggunaanya hanya untuk waktu selama 15 menit untuk menghindari rasa terbakar.

5. Gunakanlah Pakaian Yang Nyaman

Dengan menggunakan pakaian yang bahannya nyaman maka akan dapat membuat kulit bernafas, seperti dengan memakai celana dalam dari bahan katun, celana yang longgar dan bukan celana jeans serta baju yang longgar. Hal tersebut diperlukan agar kulit tidak menjadi lembap dan berkeringat sehingga bakteri yang datangpun semakin berkurang.

6. Perhatikan Kebersihan Pada Area Kandung Kemih Anda

Anda harus peduli dan memperhatikan kebersihan sanitasi yang digunakan. Untuk wanita jangan menggunakan spray atau sabun pembersih kewanitaan, bilas daerah genital dengan cara dari arah depan ke belakang, kemudian keringkan. Metode tersebut berguna untuk menghindari kuman yang berpindah tempat ke saluran kencing. Pada saat Anda mandi, lebih baik Anda menggunakan shower dari pada Anda berendam di dalam bathtub. Gunakan sabun bebas fragrance.

7. Jalani Gaya Hidup Sehat

Ubahlah gaya hidup Anda dimulai dari makanan yang Anda konsumsi, sebaiknya Anda mengonsumsi buah dan sayur. Seringlah mengonsumsi air putih dibanding meminum yang memiliki rasa seperti minuman kemasan. Berenti merokok dan selalu menjaga kebersihan pakaian yang Anda akan kenakan.

8. Konsumsi Ekstrak Habbatussauda - HabbaSyifa

Pada umumnya infeksi saluran kandung kemih diakibatkan oleh bakteri dari usus besar yang masuk kedalam saluran kencing. Bakteri yang berada di dalam usus dapat masuk ke dalam kandung kemih biasanya karena kurang menjaga kebersihan. Contohnya, pada saat buang air besar tidak membilas, pada saat tangan tidak bersih dan terkontaminasi bakteri, kemudian digunakan untuk membersihkan alat vital, bakteri yang ada di tangan tersebut dapat berpindah ke alatvital dan masuk ke dalam kandung kemih.


Bakteri itu akan mengendap pada dinding kandung kemih dan menimbulkan terjadinya infeksi. Masyarakat di Indonesia biasa menyebut penyakit ini dengan istilah "anyang-anyangan".


Untuk menangani atau mengobati anyang-anyangan atau infeksi saluran kandung kemih, Anda dapat memanfaatkan kegunaan habbatussauda, yaitu dengan cara mengonsumsi ekstrak habbatussauda setiap hari dengan dosis 2 kapsul.



HabbaSyifa - Ekstrak Habbatussauda

Bagi Anda para pencari pengobatan alternatif dengan menggunakan obat-obatan berbahan dasar herbal. Kini Anda telah menemukan solusi untuk kendala tersebut, HabbaSyifa merupakan minyak ekstraksi dari tanaman Habbatussauda. Dimana produk HabbaSyifa telah memalui serangkaian proses pengolahan modern yang bernama cold pressure, yaitu habbatussauda dilakukan penekanan pada titik suhu terendah yang dimana suhu dingin tersebut akan menghasilkan minyak ekstraksi dari habbatussauda yang berkualitas dan bermutu. Setelah minyak habbatussauda diperoleh maka proses selanjutnya di kemas kedalam cangkang kapsul yang telah bersertifikat HALAL LP POM MUI No. 00140016360701 dan terakhir HabbaSyifa yang telah lulus uji DepKes IKOT No. 512.5/11 dikemas dalam botol dan siap didistribusikan ke seluruh Indonesia.

Reply


Silahkan login terlebih dahulu