7 Obat Herbal Pelancar Menstruasi

herbal3

Pengguna

herbal 3

Selasa, 06 November 2018 15:20:06

Cara Melancarkan Menstruasi Dengan Obat Herbal

Syifa Herbal AlamiPada setiap wanita pasti memiliki siklus dan waktu menstruasi yang berbeda-beda. Ada beberapa wanita yang memiliki siklus menstruasi yang teratur per ± 28 hari, sementara pada wanita yang lainnya terkadang bisa tidak teratur. Pada saat Anda mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur berarti Anda dapat memiliki siklus absen atau tidak menstruasi sama sekali, jarang, berpola yang tidak diduga, pendarahan menstruasi yang sangat banyak atau pendarahan yang terus berkelanjutan.

Sebetulnya pengobatan untuk menangani menstruasi yang tidak teratur tidak selalu diperlukan. Semisal, adanya perubahan hormon yang terjadi pada masa puber dimana dapat menyebabkan perubahan siklus menstruasi normal. Pada saat masa tersebut biasanya tidak diperlukan pengobatan.

Namun, Anda harus tetap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memulai suatu pengobatan untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur yang sedang Anda alami. Apabila Anda melihat adanya beberapa perubahan dalam menstruasi berikut ini :
  • Timbulnya bercak atau bahkan pendarahan pada saat tengah berhubungan seksual.
  • Anda mengalami pendarahan menstruasi yang sangat berat, dimana mengharuskan Anda untuk mengganti pembalut setiap 1-2 jam sekali atau memakai 2 lapis pembalut sekaligus.
  • Apabila Anda mengalami pendarahan berat hingga 'bocor' ke pakaian atau menembuh tempat tidur Anda.
  • Menstruasi Anda berlangsung selama lebih dari 7 hari.
  • Siklus menstruasi Anda terjadi lebih sering dari sekali dalam 1 bulan.
Dokter akan menanyakan Anda dengan pertanyaan seputar menstruasi, gaya hidup dan juga riwayat medis yang telah Anda lakukan untuk menemukan alasan yang tepat sebagai dasar terjadinya siklus menstruasi Anda yang tidak berjalan dengan teratur. Perawatan yang diperlukan akan bergantung dengan alasan apa penyebab tak menentunya siklus menstruasi Anda.

Apabila Anda telah berkonsultasi kepada dokter tetapi Anda masih belum yakin dengan treatment apa yang harus Anda lakukan, tidak ada salahnya jika Anda mencoba dengan pengobatan alternatif dengan menggunakan obat berbahan dasar herbal untuk mengatasi menstruasi tidak teratur yang Anda alami. Berikut 7 Obat Herbal Pelancar Menstruasi :

1. Habbatussauda

Untuk Anda para wanita yang sering mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, Anda dapat mencoba mengatasinya dengan menggunakan minyak jintan hitam dari ekstraksi habbatussauda. Berdasarkan sebuah penelitian, minyak habbatussauda diketahui dapat bermanfaat untuk mengobati berbagai gangguan ginekologi lainnya pada perempuan seperti, keputihan, masalah pada rahim, hingga sakit perut akibat menstruasi juga dapat diatasi dengan bahan alami ini, Tetapi manfaat utamanya adalah untuk mengatur siklus menstruasi agar dapat menjadi lebih teratur.

2. Ketumbar

Biji ketumbar memiliki sifat emmenagogue untuk membantu merangsang aliran menstruasi yang akan membuat siklus menstruasi lebih teratur. Cara pengolahannya yaitu, rebus lah 1 sdt biji ketumbar utuh dan campurkan 2 gelas air, kemudian didihkan sampai tersisa sekitar 1 gelas air saja, kemudian saring bijinya dan minum air ketumbar tiga kali sehari selama beberapa hari menjelang datangnya waktu Anda menstruasi.

3. Tanaman Lidah Buaya

Daun lidah buaya juga dipercaya dapat meningkatkan produksi hormon yang berfungsi sebagai penanggung jawab untuk menstruasi dan dapat membantu mengatur siklus menstruasi menjadi teratur. Untuk penggunaan gel yang dihasilkan lidah buaya, belah dua daun lidah buaya dan kemudian ambil sarinya. Kemudian campurkan sari lidah buaya dengan 1sdm madu. Lalu, minum ramuan tersebut selama tiga bulan untuk mendapatkan hasil yang efektif, tetapi jika Anda sedang dalam masa menstruasi hentikan pengonsumsian ramuan tersebut.

4. Jahe

Jahe dikenal efektif untuk wanita yang sedang mengalami siklus menstruasi yang jarang atau tertunda. Cara penggunaannya adalah rebus 1/2 sdt jahe segar yang telah digiling dengan satu cangkir air direbus selama 5-7 menit. Anda pun dapat menambahkan beberapa gula secukupnya. Minum teh jahe ini tiga kali sehari setelah Anda makan. Dan konsumsi jahe tersebut kurang lebih satu bulan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Kayu Manis

Kayu manis dipercaya kegunaannya yang dapat membantu mengurangi kram pada saat menstruasi dan membantu melancarkan siklus menstruasi. Pada pengobatan Cina, kayu manis dipercaya ampuh memberikan efek pemanasan yang terjadi di dalam tubuh. Kayu manis juga memiliki kandungan hydroxychalcone, senyawa aktif yang efektif dalam mengatur insulin dan mempengaruhi menstruasi agar menjadi teratur. Cara pengolahannya adalah bubuhkan 1/2 sdt bubuk kayu manis ke dalam satu gelas susu atau Anda juga dapat mencampurkannya bersama segelas teh hangat dan meminum campuran kedua bahan tersebut selama beberapa minggu.

6. Pepaya Muda

Pepaya muda yang dipercaya dapat membantu menormalkan siklus menstruasi yang tidak teratur sebab sifat emmenagoguenya, serta membantu memicu kontraksi yang tepat dari serat otot-otot dinding rahim. Pepaya muda sangat bermanfaat untuk siklus menstruasi yang tertunda dan terkait dengan stres atau menopause. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, makan lah pepaya muda selama 2 bulan rutin. Tetapi, hindari mengonsumsi pepaya muda pada saat Anda sedang dalam waktu menstruasi.

7. Kunyit

Kunyit merupakan rerempahan yang dapat memenas di dalam tubuh yang dapat membantu dalam mengatur menstruasi dan juga baik dalam menyeimbangkan hormon. Tak hanya itu, kunyit juga kaya akan sifat anti-inflamasi dan anti-spasmodic, yang efektif dalam mengurangi nyeri pada saat Anda mengalami menstruasi. Cara mengonsumsinya adalah ambil seperempat sdt kunyit yang telah di tumbuk dan campurkan dengan teh, madu atau susu. Ambil air dan konsumsi campuran ramuan tersebut dalam 1 bulan.

HabbaSyifa - Ekstrak Habbatussauda

Untuk Anda para pencari pengobatan alternatif dengan menggunakan obat-obatan berbahan dasar herbal. Kini Anda telah menemukan solusi untuk kendala tersebut, HabbaSyifa merupakan minyak ekstraksi dari tanaman Habbatussauda. Dimana produk HabbaSyifa telah memalui serangkaian proses pengolahan modern yang bernama cold pressure, yaitu habbatussauda dilakukan penekanan pada titik suhu terendah yang dimana suhu dingin tersebut akan menghasilkan minyak ekstraksi dari habbatussauda yang berkualitas dan bermutu. Setelah minyak habbatussauda diperoleh maka proses selanjutnya di kemas kedalam cangkang kapsul yang telah bersertifikat HALAL LP POM MUI No. 00140016360701 dan terakhir HabbaSyifa yang telah lulus uji DepKes IKOT No. 512.5/11 dikemas dalam botol dan siap didistribusikan ke seluruh Indonesia.

Reply


Silahkan login terlebih dahulu